Koran Jakarta | August 18 2017
No Comments

4 Mobil “Hybrid” Adu Canggih

4 Mobil “Hybrid” Adu Canggih

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

Pabrikan global bakal bersaing memamerkan produk anyar di pameran otomotif Geneva International Motor Show 2017.  Produsen otomotif bala memamerkan lini produk mobil berbahan bakar minyak dan energi baru terbarukan atau hybrid. Sejumlah merek membawa produk hybrid andalannya, baik yang siap dijual maupun masih mobil konsep. ‎

Beberapa bahkan membawa mobil konsep yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik. Bisnis merangkum sejumlah mobil-mobil dengan teknologi tersebut yang dipastikan akan muncul di ajang pameran otomotif dunia tersebut. Antara lain : 

1. Porsche Panamera Turbo S E-Hybrid

Porsche, perusahaan mobil sport asal Jerman akan memperkenalkan Panamera Turbo S E-Hybrid pada ajang Geneva Motor Show 2017. Dalam ajang yang berlangsung pada 7-19 Maret itu, Porsche ingin menunjukkan teknologi hybrid memiliki pontesi performa yang sangat baik.

Mobil sport ini mengkombinasikan mesin elektrik dengan mesin V8, menghasilkan tenaga 680 hp dengan konsumsi bahan bakar 2,9L/100 Km. Porsche mengklaim Panamera berteknologi hybrid dapat mencapai kisaran 50 Km/jam dengan menggunakan tenaga listrik. 

Mobil ini juga diklaim menggunakan teknologi supercar 918 Spyder, sehingga dapat berakselerasi hingga 100 Km/jam dalam 3,4 detik. Porsche mengatakan kecepatan maksimum dari mobil sport berteknologi hybrid ini mencapai 310 Km/jam. 

2. Lexus LS 500h 

Merek mewah besutan Toyota, Lexus tampaknya masih antusias mengenai teknologi hybrid. Situs Greencarreports.com menyebutkan bahwa pabrikan mobil asal Jepang ini berhasil menjual produk hybrid dibandingkan pesaingnya.  

Seperti ingin mempertahankan reputasinya, Lexus menyiapkan LS 500h yang akan memulai debut perdananya pada Geneva Motor Show 2017. ‎Produk ini rencananya akan dipasarkan secara resmi tahun depan. Generasi sebelumnya, LS 600h menggunakan mesin V8 5.000 cc.

3. Jaguar I-Pace 

Seakan tidak mau ketinggalan, produsen otomotif asal Jerman lainnya, Jaguar akan membawa mobil konsep berteknologi hybrid. Perusahaan yang terkenal atas sedan mewahnya itu akan membawa New All Electric I-Pace. 

Jaguar mengklaim, dengan dua motor elektrik yang menghasilkan 396 bhp, I-Pace mampu mencapai kecepatan 100 Km/jam dalam 4 detik. Mobil ini juga disebut mampu bertahan hingga menempuh jarak 500 Km dalam sekali pengisian daya. Dengan 50.000 watt home charging mobil ini akan terisi 80 persen dalam waktu 90 menit, dan 100 persen lebih kurang dalam dua jam. 

4. Peugeot Instinct Concept 

Dari Prancis, Peugeot membawa mobil konsep berteknologi plug-in hybrid yang diklaim memiliki kemampuan berkendara secara otomatis. Plug-in hybrid adalah fitur yang memberikan pengguna mobil dapat melakukan pengisian daya selayaknya mobil konvensional berbahan bakar minyak. 

Pengisian daya mobil ini dilakukan dengan cara dialiri listrik seperti telepon pintar ataupun notebook. Fitur penting dalam mobil ini adalah kemudi yang akan melipat dan digantikan oleh layar sentuh dalam mode berkendara secara otomatis. Ada dua mode berkendara secara otomatis, yakni Autonomous Soft dan Autonomous Sharp yang dapat mengubah perilaku berkendara Instincthay/berbagai sumber/E-6 

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment