Koran Jakarta | August 24 2019
No Comments
VARIA

3 Provinsi Raih Penghargaan Pendataan Koperasi Terbaik

3 Provinsi Raih Penghargaan Pendataan Koperasi Terbaik

Foto : ISTIMEWA
Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Meliadi Sembiring.
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Sebanyak Tiga provinsi meraih penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UKM sebagai progres pen­dataan koperasi terbaik per 31 Agustus 2018. Terbaik I diraih Provinsi Kaliman­tan Selatan, kedua II Kalimantan Barat, dan terbaik III Jawa Ti­mur.

“Ke depan, saya berharap hal itu bisa diikuti provinsi-provinsi lain agar percepatan pen­dataan koperasi dapat te­realisasi. Karena, pendataan koperasi merupakan bagian penting dalam program Refor­masi Total Koperasi di Indonesia, yaitu rehabilitasi koperasi,” kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Meliadi Sembiring, pada acara Rapat Koordinasi dan Pelatihan Pen­dataan Koperasi Angkatan III, di Jakarta, Kamis (13/9).

Pada acara yang diikuti seluruh Kepala Dinas provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia, Meliadi menjelas­kan, data koperasi yang diolah melalui online data system (ODS) 2017 berjumlah 152.714 unit koperasi. Rinciannya, sebanyak 1.481 unit merupakan binaan pusat, 4.481 unit binaan provinsi, dan 146.751 unit binaan kabupaten/kota. “Dari jumlah itu tergambar bahwa pemerintah daerah memiliki peran amat penting dan strategis dalam hal pen­dataan dan pembinaan koperasi. Dengan database koperasi yang akurat, valid, dan up to date, maka kebijakan dan pro­gram akan lebih tepat sasaran,” paparnya.

Untuk itu, Meliadi menekankan bahwa pihak pemda da­pat memberdayakan keberadaan Petugas Penyuluh Kope­rasi Lapangan (PPKL) yang ada di daerahnya masing-ma­sing. “Namun, PPKL harus dipastikan benar-benar turun secara teknis ke lapangan guna melakukan pemantauan, evaluasi, dan pendataan terhadap koperasi,” tandas Me­liadi. mza/E-3

Tags
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment