Koran Jakarta | October 21 2019
No Comments
Kecelakaan Laut

3 Penumpang KM Nusa Kenari Ditemukan Tewas

3 Penumpang KM Nusa Kenari Ditemukan Tewas

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

 

 KUPANG – Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Maumere, Flores, I Putu Sudayana mengatakan tim SAR pada Senin (17/6) menemukan tiga korban teng­gelamnya KM Nusa Kenari 02 di Perairan Tanjung Margeta, Kabupaten Alor, Nusa Teng­gara Timur (NTT). Ketiga kor­ban meninggal ditemukan di kawasan perairan Margeta.

“Ketiga korban ditemukan dalam pencarian dilakukan tim SAR gabungan Basarnas Maumere, Basarnas Kupang, Kepolisian, TNI, BPBD serta po­tensi SAR setempat dan masya­rakat yang ikut mencari pada hari ketiga operasi pencarian korban kapal Nusa Kenari 02,” kata Sudayana, di Kupang, Se­nin (17/6).

Menurut Sudayana yang memimpin langsung operasi pencarian dan pertolongan terhadap korban musibah KM Nusa Kenari 02, setelah ditemu­kan tiga korban maka enam pe­numpang KM Nusa Kenari 02 ditemukan meninggal sedang­kan satu korban masih dalam pencarian tim SAR.

“Masih ada satu penum­pang yang hilang dan belum ditemukan. Kami akan terus mencari penumpang yang be­lum ditemukan itu,” kata Su­dayana yang saat ini sedang berada di Kalabahi, Kabupaten Alor untuk memimpin lang­sung operasi pencarian korban KM Nusa Kenari 02 milik Pe­merintah Kabupaten Alor itu.

Gelombang Tinggi

Badan Meteorologi Klima­tologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gelombang di se­kitar lokasi tenggelamnya KM Nusa Kenari 02, cukup tinggi berkisar antara 0,75–1,5 meter. Hal itu terungkap dari analisis model gelombang pada 15 Juni 2019 pukul 05.00 WITA hingga pukul 14.00 WITA.

“Hal itu berdasar analisis model kondisi cuaca dan tinggi gelombang serta arus laut di lokasi kecelakaan Kapal Mo­tor Nusa Kenari 02 pada Sabtu (15/5),” kata Kepala BMKG Sta­siun El Tari Kupang, Bambang Setiajid.

Bambang mengemukakan berdasarkan analisis model arus, pada 15 Juni 2019 pukul 05.00 WITA hingga pukul 14.00 WITA, arah arus menuju ba­rat dengan kecepatan 80–150 cm/s. Berdasarkan analisis citra satelit, pada 15 Juni 2019 pukul 06.00 WITA hingga pukul 11.00 WITA, dapat diinformasi­kan bahwa di sekitar lokasi ke­jadian kecelakaan perahu, kon­disi cuaca cerah.

KM Nusa Kenari 02 milik Pemerintah Kabupaten Alor yang berbobot 23 GT bertolak dari Pelabuhan Kalabahi pukul 01.30 WITA tujuan Desa Ma­demang Kecamatan Purnama. Kapal yang mengangkut pe­numpang, semen, beras serta BBM itu dihantam gelombang dan tenggelam di perairan laut Tanjung Margeta pada Sabtu (15/6) sekitar pukul 05.00 WITA. n eko/Ant/N-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment