Koran Jakarta | July 17 2019
No Comments
Lingkungan Hidup - Trump Ancam Tarik Dana Federal

25 Tewas akibat Kebakaran Hutan di California

25 Tewas akibat Kebakaran Hutan di California

Foto : AFP/Josh Edelson
Menghindari Pohon - Seorang petugas kebakaran California, Scott Wit berlari menghindari pohon yang roboh di dekatnya saat terjadi kebakaran hutan di Paradise, California, AS, Sabtu (10/11).
A   A   A   Pengaturan Font
Presiden Donald Trump mengatakan pengelolaan hutan yang sangat buruk menjadi penyebab utama kebakaran hutan di California.

 

PARADISE - Tim pemadam kebakaran di California, Amerika Serikat (AS), mengatakan korban tewas akibat kebakaran hutan yang melanda California telah meningkat menjadi 25 orang.

Empat belas mayat ditemukan di dalam atau dekat Kota Paradise yang hancur di utara negara bagian itu, sehingga jumlah tewas yang dikonfirmasi di sana menjadi 23 orang. Sementara dua orang lagi ditemukan tewas di selatan, dekat Malibu.

Diperkirakan 250.000 orang terpaksa mengungsi dari rumah mereka untuk menghindari dua kebakaran besar - Camp dan Woolsey - di negara bagian itu.

Sementara itu, Presiden Donald Trump sempat membuat warga marah setelah dia mengatakan bahwa manajemen kehutanan yang buruk adalah penyebab dari kebakaran itu.

Presiden Trump menyalahkan petugas California atas kebakaran hutan. Dalam twitnya pada hari Sabtu, dia menuduh otoritas negara bagian itu “salah urus”.

Tidak hanya itu, Trump juga mengancam akan menarik dana federal untuk negara bagian California jika pengelolaan tidak diperbaiki.

“Tidak ada alasan untuk kebakaran hutan yang besarbesaran, mematikan dan memicu kerugian di California ini, kecuali bahwa pengelolaan hutan sangat buruk,” sebut Trump via Twitter.

“Miliar dollar diberikan setiap tahunnya, dengan begitu banyak nyawa melayang, semua karena salah pengelolaan hutan yang tidak bisa diterima. Perbaiki sekarang atau tidak ada lagi dana Federal,” imbuhnya.

Evan Westrub, juru bicara Gubernur Jerry Brown, membalasnya, menyebut komentar Trump “tidak waras dan tidak berdasarkan informasi yang tepat”.

“Fokus kami adalah pada warga California yang terkena dampak kebakaran ini dan petugas pemadam kebakaran yang bekerja sepanjang waktu untuk menyelamatkan nyawa dan properti,” katanya.

Kritik Trump

Selebritas juga mengkritik reaksi tak simpatik Trump itu. Penyanyi kelahiran California, Katy Perry, menyebutnya sebagai “tanggapan yang benar-benar tanpa perasaan”,

sementara penyanyi-penulis lagu, John Legend, mengatakan Trump “tidak bisa menunjukkan empati kepada warga California yang berurusan dengan bencana yang mengerikan”. Saat ini ada 16 kebakaran di California.

Para petugas telah menyatakan sebagian besar California Utara berisiko, yang berarti “kebakaran ekstrem” dapat terjadi dalam 24 jam.

Wilayah ini telah bergulat dengan kebakaran hutan yang serius - termasuk yang terburuk dalam sejarah negara itu, kebakaran yang disebabkan api “Mendocino” dan “Thomas” - yang kerap muncul dan menghilang sejak tahun 2017.

Hingga berita ini ditulis, kebakaran lahan di California telah menghanguskan 40.500 hektare lahan dan baru 20 persen saja yang bisa dipadamkan oleh tim pemadan kebakaran California. AFP/P-4

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment