200 Jiwa Terdampak Kebakaran di Bungur, Senen | Koran Jakarta
Koran Jakarta | October 30 2020
No Comments

200 Jiwa Terdampak Kebakaran di Bungur, Senen

200 Jiwa Terdampak Kebakaran di Bungur, Senen

Foto : ANTARA/LIVIA KRISTIANTI
Kebakaran di Jalan Kalibaru Timur 1, kelurahan Bungur, Senen, Jakarta Pusat, Jumat (18/9). Dampak dari kebakaran lalu-lintas di Jalan Letjen Soeprapto Cempaka Putih dialihkan selama kurang lebih satu jam.
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Sebanyak 40 kepala keluarga dengan 200 jiwa terdampak oleh kebakaran yang terjadi Jalan Kalibaru Timur 1, Bungur, Senen Jakarta Pusat, Jumat (18/9).

“Ada sebanyak 30 rumah dengan 40 kepala keluarga, total perkiraan 200 jiwa terdampak kebakaran ini,” kata Camat Senen, Ronny Jarpriko saat ditemui di lokasi yang akan menjadi posko evakuasi di Jalan Kalibaru Timur 1, Bungur, Senen.

Ronny mengatakan ada tiga RT yang terdampak dari kebakaran itu yaitu RT 008, RT 009, dan RT 015. “Nanti posko evakuasinya akan kita buat di lahan RTH milik Dinas Hutan dan Taman Kota DKI Jakarta usai proses pendinginan selesai dilakukan,” ujar Ronny.

Sementara itu, Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat mendirikan dua posko pengungsi untuk menampung warga dari RT 006, 008, dan 015 yang menjadi korban kebakaran di Jalan Kalibaru Timur 1, Bungur, Jakarta Pusat, Jumat.

“Koordinasi awal bersama Camat dan (Plt) Lurah, kita dirikan posko evakuasi untuk warga tidur di lahan RTH. Sementara yang satu lagi di RT 015 untuk posko bantuan dari warga sekitar,” ujar Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan Sosial Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat Maria Pasaribu.

Lebih lanjut, Maria mengatakan untuk bantuan sementara pihaknya telah menyiapkan beberapa barang khususnya pakaian dan selimut. “Bantuan dari kita saat ini yang sudah dalam perjalanan seperti terpal, selimut, matras, sajadah, mukena, pakaian, pampers untuk anak, hingga makanan siap saji berupa biskuit. Bantuan lainnya akan menyusul disesuaikan dengan data pasti dari korban yang terdampak,” kata Maria.

Terkait dengan penyebab kebakaranm Ketua RW 006 Kelurahan Bungur, Ketua RW 006 Kelurahan Bungur, Rudi menjelaskan, kebakaran di kawasan padat Kelurahan Bungur, Senen, Jakarta Pusat  diduga berawal dari korsleting listrik pada salah satu rumah di RT 009.

“Jadi tadi sekitar jam 13.45 WIB, Itu dari listrik kayaknya. Soalnya saya liat asal apinya dari atas gitu,” kata Ketua RW 006 Kelurahan Bungur, Senen, Jakarta Pusat,  Rudi.

Seorang remaja yang juga merupakan warga RT 006 Bungur Naufal pun turut mengatakan hal serupa bahwa kebakaran di lingkungannya itu terjadi akibat korsleting listrik.

n jon/Ant/P-5

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment