Koran Jakarta | August 24 2019
No Comments
Periksa Barang Bukti

20 Penganiaya Tim Karhutla Ditetapkan Jadi Tersangka

20 Penganiaya Tim Karhutla Ditetapkan Jadi Tersangka

Foto : ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan
Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan (kanan) dan Kapolda Irjen Pol Muchlis (kiri) memeriksa barang bukti saat rilis kasus tindak pidana penghadangan, perusakan, dan penganiayaan di Mapolda Jambi, Jumat (19/7). Polisi menetapkan 20 tersangka dalam kasus ini.
A   A   A   Pengaturan Font

JAMBI - Kepolisian Daerah (Polda) Jambi menetapkan 20 anggota kelompok Serikat Mandiri Batanghari (SMB) se­bagai tersangka. Mereka terlibat penganiayaan anggota tim satgas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Jambi serta pengerusakan fasilitas milik PT Wirakarya Sakti (WKS) di Basecamp Distrik VIII, Desa Bukit Bakar, Kecamatan Renah Mandaluh, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi.

“Setelah kejadian penganiayaan tim Satgas Karhutla di Distrik VIII Kabupaten Tanjungjabung Barat pada 13 Juli lalu, ada 45 anggota kelompok SMB yang diamankan ke Jambi. Kini, hasil pemeriksaan sudah ada 20 orang tersang­kanya,” kata Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS, di Jambi, kemarin.

Setelah diperiksa secara maraton oleh Penyidik Polda Jambi di Mako Brimob, ke-20 tersangka dari kelompok SMB ini diduga melanggar Pasal 170 KUHPindana dan Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman pidana enam tahun penjara. Para tersangka yang masih diperiksa intensif ini akan dita­han dan bagi yang tidak terbukti nantinya dikembalikan ke keluarga.

Panglima Daerah Militer (Pangdam) II/Sriwijaya, Mayjen TNI Irwan, menyesalkan aksi anarkis yang dilaku­kan kelompok SMB terhadap anggota tim terpadu pen­cegahan Karhutla. Dalam aksi penganiayaan yang terekam video, yang viral di media sosial itu, ada tiga anggota TNI BKO pencegahan Karhutla, seorang anggota polisi, satu pe­tugas pemadam kebakaran, dan 12 karyawan PT WKS men­jadi korban aksi anarkis kelompok SMB. Ant/N-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment