Koran Jakarta | October 20 2018
No Comments
Pendidikan Tinggi

19 Wisudawan Doktoral UI Raih “Cum Laude”

19 Wisudawan Doktoral UI Raih “Cum Laude”

Foto : ISTIMEWA
Kepala Humas Universitas Indonesia, Rifelly Dewi Astuti.
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Sebanyak 19 orang dari total 154 wisudawan program doktoral Universitas Indonesia (UI) berhasil lulus dengan predikat cum laude de­ngan nilai tertinggi 3,99 atas nama Supandi.

“Supandi merupakan lulus­an studi program strata tiga (S3) yang meraih Indeks Pres­tasi Kumulatif (IPK) tertinggi dalam Wisuda Program Dok­toral Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018, dengan nilai 3,99,” kata Kepala Humas Universitas Indonesia, Rifelly Dewi Astuti, dalam keterangan persnya, akhir pekan lalu.

Prestasi membanggakan juga diraih oleh dua Doktor Ilmu Farmasi UI yang diwisuda kali ini, yaitu Islamudin Ahmad dan Neneng Siti Silfi Ambarwati.“Selama perkuliahannya, me­reka mampu menghasilkan masing-masing tujuh dan enam publikasi ilmiah yang terindeks Scopus. Scopus me­rupakan jurnal internasional yang bereputasi baik dan di­akui oleh seluruh peneliti dan akademisi di dunia,” jelas Ri­felly.

Dia menambahkan, Ja­bosar Ronggur Hamonangan Panjaitan dari jurusan Teknik Kimia menjadi doktor peraih predikat cum laude termuda pada upacara kelulusan studi doktoral yang dilaksanakan di Balairung UI, Depok, yakni lu­lus pada usia 28 tahun.

Rifelly mengungkapkan Wisuda Semester Genap Ta­hun Akademik 2017/2018 itu juga diikuti sebanyak 3.336 lulusan pascasarjana, yang ter­diri atas 401 wisudawan Pro­gram Profesi, 400 wisudawan Program Spesialis, 2.381 wisudawan Program Magister dan 154 wisudawan Program Doktor.

“Dari keseluruhan wisudawan pada upacara Wisuda S2 dan S3, terdapat 168 lulusan Program Profesi men­dapatkan predikat cum laude dengan IPK tertinggi yaitu 3,88, diraih oleh Eka Tlaga Herawati dari program studi Ners Fakul­tas Ilmu Keperawatan (FIK),” kata Rifelly.

Sementara itu, pada pro­gram magister, sebanyak 707 lulusan meraih predikat cum laude, yang mana ada tiga mahasiswa jenjang magister Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) dan Fakultas Teknik (FT) meraih IPK sempurna (4.00).

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Samson; Gaby Reveria Hellianto; dan Asma Rosyidah. Pada program Spesialis, se­banyak 39 wisudawan meraih predikat cum laude dengan IPK tertinggi yaitu 3,95 yang diraih oleh Ferani Lemanda dari pro­gram studi Ortodonsia Fakultas Kedokteran Gigi (FKG).

Dalam sambutannya, Rek­tor UI Prof Muhammad Anis, mendorong universitas seba­gai pendidikan tertinggi un­tuk melakukan terobosan-ter­obosan sehingga lulusannya bisa menghadapi era Revolusi Industri 4.0.

“Kita harus memperkuat cara literasi lama yang hanya mengandalkan baca, tulis, dan matematika dengan literasi baru dalam bidang pendidik­an tinggi, yaitu data literation, technology literation, dan hu­man literation,” ujar Anis. eko/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment