Koran Jakarta | September 24 2019
No Comments
Peredaran Narkotika

12 Kurir Narkoba Jaringan Malaysia Ditangkap

12 Kurir Narkoba Jaringan Malaysia Ditangkap

Foto : KORAN JAKARTA/ MARIO CAISAR
JARINGAN MALAYSIA l Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono (tengah), bersama jajaran Ditresnarkoba Polda Metro Jaya mengungkap kasus narkoba jaringan Jakarta-Pekan Baru-Malaysia dari Juli sampai September 2019 pada konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu(11/9). Polisi mengamankan total 18,292 kilogram sabu, 4.132 butir ekstasi, dan 1.119 gram bahan baku ekstasi.
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Direktorat Re­serse Nakorba Polda Metro Jaya meringkus 12 tersangka peredaran narkotika jenis sabu dan ekstasi jaringan in­ternasional Malaysia-Pekan­baru-Jakarta. Dari penang­kapan tersebut, polisi menyita barang bukti sebanyak18 ki­logram sabu dan 4.132 butir ekstasi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, mengatakan pengungkapan bisnis haram tersebut meru­pakan buntut dari laporan masyarakat pada (29/7). Ma­syarakat melaporkan kalau transaksi narkoba kerap kali terjadi di Apartemen Teluk In­tan, Jakarta Utara.

“Pengungkapan jaringan ini berawal dari penangkapan tersangka HW, F, dan S di Apartemen Teluk Intan, Tow­er Topaz, Jakarta Utara pada (31/7),” kata Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (11/9).

Dari hasil penyelidikan, terdapat satu bos yang men­gendalikan 12 pengedar nar­koba berinisial Mister (Mr). X yang hingga kini masih jadi buron. “12 Pengedar narkoba ini satu dengan lainnya tidak saling mengenal,” terang Argo.

Pengembangan Kasus

Berangkat dari penang­kapan tiga tersangka, polisi pun kembali mengembangkan kasus tersebut. Pelaku berini­sial RA berhasil diringkus di Lobi Apartemen Pakubuwono Terrace Tower South, Kebayor­an Lama, Jakarta Selatan pada (6/8).

Selanjutnya pada Kamis, 8 Agustus 2019, polisi kembali menangkap dua tersangka berinisial E alias Ganden dan AY. Keduanya diciduk di area parkir motor SPBU Pertamina Coco 31 BSD, Serpong Utara, Tangerang Selatan.

“E dan AY juga merupakan pengedar narkoba yang dik­endalikan oleh Mr. X sama de­ngan tersangka HW, F S, dan RA,” jelas Argo.

Menurutnya, HW mengaku mendapatkan narkoba itu dari tersangka R. Kita masih mem­buru R, dia telah masuk daftar pencarian orang (DPO),”

Sementara itu, menurut Argo, lima tersangka lainnya diamankan di dua lokasi ber­beda di daerah Pasar Rebo Ja­karta Timur dan Rawa Bebek Jakarta Utara pada (8/9). D

Atas perbuatannya, para tersangka akan dijerat de­ngan pasal 114 ayat 2 subsider pasal 112 ayat 2 juncto pasal 132 ayat 1 undang-undang Re­publik Indonesia nomor 35 ta­hun2009 tentang narkoba. jon/P-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment