Koran Jakarta | March 24 2019
No Comments

“The Reds” Kembali ke Jalur

“The Reds” Kembali ke Jalur

Foto : AFP/ PAUL ELLIS
A   A   A   Pengaturan Font

Liverpool kembali menang setelah dua hasil imbang membuat mereka tergusur dari puncak klasemen.

LONDON – Liverpool kembali ke jalur kemenangan dan berada di puncak klasemen Liga Inggris, Minggu (10/2) dini hari WIB. Pada laga lainnya, Manchester United naik ke tempat keempat ketika sepakbola Inggris memberi penghormatan kepada mendiang Emiliano Sala.

Gol pada babak pertama dari Sadio Mane dan Georginio Wijnaldum ditambah upaya Mohamed Salah pada menit ke-48 membuat Liverpool menang 3-0 atas Bournemouth di Anfield.

Kemenangan tersebut membuat Liverpool, yang berada di urutan kedua karena kalah selisih gol, melompati Manchester City. “The Reds” untuk sementara unggul tiga poin menjelang pertandingan City melawan Chelsea, Minggu malam waktu setempat.

Liverpool kehilangan poin penuh dalam hasil imbang 1-1 berturut-turut melawan Leicester dan West Ham. Hasil tersebut memicu anggapan bahwa mereka kehilangan keberanian dalam upaya mengakhiri penantian 29 tahun untuk merebt mahkota juara Liga Inggris.

Namun, Mane meredakan tekanan dengan gol sundulan pada awal laga di Anfield. Liverpool menggandakan keunggulan pada menit ke-34 melalui Wijnaldum sebelum tembakan melengkung Salah memastikan kemenangan.

“Kami paham bahwa kami tidak senang dengan kinerja kami dalam dua atau tiga pertandingan terakhir,” ujar pelatih Liverpool Jurgen Klopp. “Kami ingin bermain meyakinkan seperti yang selalu kami rencanakan,” sambungnya.

Menjelang pertandingan, Klopp meminta timnya untuk menikmati hal yang kini mereka alami, berada pada situasi yang menjanjikan dalam perburuan gelar. “The Reds” kembali ke langkah yang membuat mereka memenangkan sembilan pertandingan Liga Inggris berturut-turut hingga November dan Desember.

James Milner sekali lagi ditunjuk sebagai bek kanan dengan Trent Alexander-Arnold hanya cukup fit untuk berada di bangku cadangan. Kembalinya Wijnaldum adalah satu-satunya rotasi yang dilakukan Klopp usai hasil imbang 1-1 kontra West Ham. Kehadiran gelandang asal Belanda itu membuat perbedaan besar.

Salah menunggu golnya yang ke-20 musim ini dengan serangkaian penyelamatan Boruc, tetapi akhirnya memperpanjang keunggulannya sebagai pencetak gol terbanyak Liga Iggris tiga menit memasuki periode babak kedua.

“Dia tidak bisa ditahan,” ujar Klopp tentang Salah. “Dia bermain persis seperti yang diharapkan. Tidak hanya di saat-saat mencetak gol, tapi di keseluruhan permainan. Gol yang dia cetak saya pikir tidak banyak pemain yang bisa melakukanya,” sambungnya.

Sementara City terus berjuang untuk mendapatkan gelar pada empat kompetisi yag masih mereka ikuti, Liverpool telah tersingkir dari Piala FA.

Tim asuhan Klopp tidak bertanding lagi sampai kunjungan Bayern Munich di Liga Champions dalam waktu 10 hari ke depan.

Sementara itu, Arsenal menambah kesengsaraan Huddersfield dengan kemenangan tandang 2-1 atas klub papan bawah itu. Alex Iwobi dan Alexandre Lacazette membuat Arsenal unggul 2-0 sebelum turun minum, dengan gol bunuh diri Sead Kolasinac menjadi hiburan bagi Huddersfield.

Penghormatan untuk Sala

Satu pekan yang emosional untuk Cardiff berakhir dengan kemenangan dramatis 2-1 atas Southampton. Hasil itu membuat mereka keluar dari zona degradasi hanya beberapa hari setelah kematian Sala dikonfirmasi.

Tubuh pemain asal Argentina itu secara resmi diidentifikasi oleh koroner Inggris pada hari Kamis, sehari setelah ditemukan dari puing-puing pesawat di bawah laut Selat Channel.

Cardiff mengenakan kostum khusus bersulam daffodil kuning, lambang nasional Wales dan warna klub Prancis Nantes, mantan klub Sala, dengan mengheningkan cipta satu menit sebelum kick-off.

Tembakan voli babak pada kedua kapten Sol Bamba memberi Cardiff keunggulan, namun Jack Stephens menyamakan kedudukan di injury time. Tetapi masih ada waktu bagi Kenneth Zohore untuk mencetak gol kemenangan pada menit ke-93 di Stadion St Mary. ben/AFP/S-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment