Koran Jakarta | November 12 2019
No Comments
Inovasi Properti

“Start Up” Hotel Dorong SDM Digital 4.0

“Start Up” Hotel Dorong SDM Digital 4.0

Foto : Koran Jakarta/M Fachri
Dari kiri: Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata, Ni Wayan Giri Adnyani, Co-Founder & Chief Technology Officer Airy, Samsu Sempena, Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga, Melempar Wisnu Bawa Tarunajaya menandatangani nota kesepahaman pengembangan SDM 4.0 di Jakarta, Rabu (16/10).
A   A   A   Pengaturan Font

Perusahaan rintisan (start up) di sektor properti perhotelan harus memberikan dukungan teknologi dan pengetahuan properti perhotelan yang komprehensif bagi para mitra akomodasi dan konsumen.

Inovasi-inovasi dalam bisnis berjalan beriringan dengan ekosistem bisnis yang telah dibentuk sebelumnya. Dengan kepercayaan bahwa inovasi dan ekosistem bisnis bisa tumbuh bersama secara harmonis, pebisnis akan mendukung pertumbuhan ekonomi.

Airy, misalnya, sebagai perusahaan Accomodation Network Orchestrator (ANO), “start up” atau perusahaan digital rintisan ini mendukung perkembangan bisnis properti melalui usaha perhotelan. Airy mengembangkan jaringan akomodasi budget di seluruh Indonesia.

Melalui jaringan ini, Airy memberikan jaminan kenyamanan dan keleluasaan harga bagi pelanggan sekaligus memberikan dukungan teknologi dan pengetahuan properti perhotelan yang komprehensif bagi para mitra akomodasi. Saat ini Airy telah bekerjasama dengan ribuan akomodasi lokal yang tersebar di ratusan kota di Indonesia dengan memberikan dukungan marketing, standarisasi, sistem pengelolaan properti, dan kontrol kualitas.

Samsu Sempena, Cofounder dan Chief Technology Officer Airy, mengatakan mengemban misi diuntuk mewujudkan industri 4.0 di Indonesia melalui pengembangan SDM pariwisata. Sebagai Accommodation Network Operator terdepan di Indonesia. Karena itu, Airy dan Kementerian Pariwisata Tandatangani Nata Kesepahaman Pengembangan SDM Digital 4.0.

Kolaborasi ini dalam meningkatkan SDM pariwisata yang siap menghadapi kompetisi global. “Menjadi kehormatan bagi Airy untuk dapat berkontribusi dalam Airy selalu berupaya untuk meningkatkan industri pariwisata di Indonesia melalui rangkaian program dan kolaborasi dengan pihak-pihak terkait,” ujar Samsu.

Airy meneken nota kesepahaman dengan Kementerian Pariwisata, pada 16 Oktobwr pada acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata (SMK) 2019, di Jakarta.

Disepakati ada platform pelatihan untuk menstandardisasi mutu Iayanan SDM perhotelan dan sukses meIibatkan Iebih dari 4.000 peserta di seluruh Indonesia.

Platform pelatihan ini menjadi gagasan Airy untuk menstandardisasi mutu Iayanan properti hoteI atau penginapan di bawah naungannya. Sepanjang 2019, Airy telah menjalankan rangkaian pelatihan dan pendalaman materi, terutama pada aspek housekeeping dan front ofice, kepada Iebih dari 4.000 karyawan mitra properti.

Menjadi ANO terdepan di Indonesia, Airy terus berkomitmen untuk mewujudkan ekosistem berlibur yang ramah anggaran tanpa mengorbankan kenyamanan. Selain memberikan pelatihan karyawan, Airy juga turut mengembangkan pariwisata Indonesia yang berkelanjutan dengan inovasi-inovasi teknologi.

Airy mengenalkan platform Airy Ease, yaitu property management system yang dapat membantu para mitra properti serta karyawan hotel dalam memantau operasional bisnisnya secara online. Airy juga mengembangkan Airy Aura, yaitu mesin self-check in, yang akan diterapkan di berbagai propertinya.

Seluruh properti Airy juga memiliki Jaminan Kenyamanan yang terdiri dari AC, tempat tidur yang nyaman, air panas, peralatan mandi, televisi Iayar datar, Wi-Fi, serta makanan dan minuman ringan. “Komitmen Airy adalah mendukung pemerintah dalam membangun sumber daya manusia berdaya saing tinggi untuk industri pariwisata di era digital 4.0,” jelas Samsu. hay/E-6

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment