Koran Jakarta | July 19 2019
No Comments

“Si Merah” Melaju

“Si Merah” Melaju
A   A   A   Pengaturan Font

Sadio Mane menjadi bintang kemenangan Liverpool dengan mencetak dua gol di laga tersebut.

MUENCHEN – Liverpool me­laju ke perempat final Liga Cham­pions setelah menumbangkan tuan rumah Bayern Muenchen 3-1 dalam laga kedua putaran 16 besar di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Jerman, Kamis (14/3) dini hari WIB.

Sadio Mane menjadi bintang kemenangan Liv­erpool dengan mencetak dua gol di laga tersebut, dibantu Virgil van Dijk. Sedang­kan gol Muenchen lahir dari kaki bek tim tamu Joel Matip yang mencetak gol bunuh diri.

Tim besutan Juergen Klopp yang lolos berkat agregat 3-1, kini bergabung dengan enam tim lain yang sudah lebih dulu mendapat tempat di perempat final yakni Tottenham Hotspur, Ajax, Man­chester United, Porto, Manches­ter City, dan Juventus.

Klopp mengatakan, keme­nangan itu tidak ada hubun­gannya dengan pembala­san atas kekalahan yang ditelannya dari Muenchen di partai final Liga Cham­pions 2012-2013 silam, saat masih menangani Borussia Dort­mund.

“Kemenangan ini tidak men­jadi lebih manis karena melawan Muenchen. Ini bukan pembala­san atas kekalahan sebelumnya (ketika menangani Dortmund),” kata Klopp.

Klopp menegaskan bahwa ia menikmati keme­nangan ini karena ia ingin Liverpool meraih keme­nangan dan terus melaju di Liga Champions musim ini, bukan semata-mata menga­lahkan Muenchen. “Saya ingin menang untuk Liverpool, bukan ingin mengalahkan Muenchen. Mari kita menikmatinya sebatas itu,” ujarnya.

Sikap Klopp bertolak belakang dengan Pep Guardiola, yang sehari sebelum pertandingan sempat melontarkan komen­tar bahwa ia ingin Muenchen mengalahkan Liverpool di laga tersebut karena masih merasa memiliki ikatan dengan tim yang pernah ditanganinya pada 2013- 2016 tersebut.

“Saya minta maaf kepada warga Inggris, saya ingin Muen­chen lolos,” kata Guardiola dalam jumpa pers selepas City men­cukur habis Schalke 04 dengan skor 7-0 di laga kedua putaran 16 besar di Etihad, Rabu (13/3) dini hari WIB.

“Saya melewatkan tiga tahun yang luar biasa bersama Muen­chen. Saya mencintai kotanya dan masih punya banyak teman di sana,” ujarnya menambahkan.

Namun demikian, harapan Guardiola dipupuskan oleh Klopp yang berhasil mengantar­kan Liverpool lolos ke perempat final menyusul City.

Bukan tidak mungkin kedua tim akan kembali bertemu di perempat final, sebagaimana ter­jadi pada musim lalu, ketika Liv­erpool menang 3-0 di Anfield dan kemudian mempecundangi City 2-1 di Etihad.

Di lain pihak, pelatih Bayern Muenchen, Niko Kovac, meminta timnya segera mengalihkan fokus untuk mengejar dua gelar di Liga Jerman serta Piala Jerman sete­lah disingkirkan Liverpool. “Kami masih memiliki dua gelar untuk diperjuangkan,” kata Kovac.

“Kami memimpin klasemen Liga Jerman dan masih berada di Piala Jerman. Target kami memenangi kedua kompetisi itu,” ujarnya menambahkan.

Kendati dipermalukan Liver­pool di hadapan pendukungnya, Kovac juga berbesar hati untuk menyampaikan ucapan selamat kepada lawannya beserta pelati­hnya, Juergen Klopp.

“Saya ingin menyelamati Juer­gen Klopp dan Liverpool atas ke­menangan yang pantas mereka raih,” katanya. “Setelah gol kedua mereka, Anda bisa lihat sendiri kualitas yang mereka miliki,” ujar Kovac menambahkan.

Gol Perdana

Dalam pertrandingan tersebut Liverpool unggul lebih dulu lewat gol Sadio Mane pada menit ke-26 sebelum Muenchen menyamak­an kedudukan 13 menit berse­lang setelah umpan silang Serge Gnabry berujung gol bunuh diri Joel Matip.

Namun Liverpool kembali memimpin lewat tandukan Virgil van Dijk pada menit ke-69 yang dilengkapi gol kedua Mane enam menit jelang waktu normal ber­akhir.

Gol itu sekaligus menjadi gol perdana Van Dijk di putaran fi­nal Liga Champions, setelah se­belumnya ia sempat mencetak dua gol kala masih membela klub Skotlandia Celtics di babak kuali­fikasi musim 2014-2015.

“Bisa lolos ke delapan besar merupakan sesuatu yang penting dan rasanya luar biasa bisa men­cetak gol,” kata Van Dijk selepas pertandingan.

Van Dijk sejauh ini telah men­cetak lima gol bagi Liverpool dalam 59 penampilan di semua kompetisi musim ini. AFP/S-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment