Koran Jakarta | June 25 2018
No Comments

“Shoplifter” Rebut Palme d`Or Cannes

“Shoplifter” Rebut Palme d`Or Cannes

Foto : AFP/Loic VENANCE
A   A   A   Pengaturan Font

Sutradara Jepang Hirokazu Kore-eda meraih penghargaan Palme d`Or (Palem Emas) film terbaik di Festival Film Cannes, Prancis, Sabtu (19/5) waktu setempat, atas karyanya, “Shoplifters”, yang memukau penonton karena penggambaran halus tentang kehidupan keluarga dan plot mengejut­kan.

Kemenangan Hirokazu itu mema­tahkan spekulasi bahwa penghargaan berbetuk daun palem berbahan emas itu akan diraih wanita sutradara, dengan tiga pesaing kuat dalam setahun ketika skandal pelecehan seksual Hollywood, Amerika Serikat (AS), menjadi pembi­caraan.

Satir politik karya Spike Lee berjudul “BlacKkKlansman”, yang berdasarkan atas kisah nyata seorang perwira polisi kulit hitam menyusup ke kelompok anti-negro Ku Klux Klan pada 1970-an, mendapatkan penghargaan kedua da­lam Grand Prix di Kota Cannes.

Wanita sutradara Nadine Labaki dari Lebanon, merebut Hadiah Juri atau se­tara dengan medali perunggu atas karya “Capharnaum”, drama realis tentang pengabaian masa kanak-kanak di dae­rah kumuh Beirut.

Sementara itu, Pawel Pawlikowski dari Polandia menjadi Sutradara Ter­baik untuk karyanya “Cold War”, sebuah romansa yang bergerak dari kalangan petani Polandia ke klub jazz Paris dan kembali pada rentang waktu dari tahun 1940-an hingga 1960-an.

“Girl”, drama Belgia tentang perjalan­an gadis remaja banci menjadi pebalet, yang disutradarai Lukas Dhont, men­dapatkan Camera d`Or (Kamera Emas) untuk sutradara pemula terbaik. AFP/S-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment