Koran Jakarta | August 20 2019
No Comments

“Setan Merah” Harus Berbenah

“Setan Merah” Harus Berbenah

Foto : AFP/PAUL ELLIS
A   A   A   Pengaturan Font

MU merebut kemenangan atas West Ham lewat dua gol penalti yang dicetak Paul Pogba.

MANCHESTER – Ole Gunnar Solskjaer mengakui bahwa Manchester United harus meningkatkan kinerja secara signifikan dibanding saat melawan West Ham. Klub berjuluk “Setan Mer­ah” itu harus berbenah jika ingin menyingkirkan Barcelona dari Liga Champions.

MU yang melakukan banyak pergantian atau rotasi pemain, tampil tidak meyakinkan ketika mengalahkan tim asuhan Man­uel Pellegrini 2-1 di Old Trafford, Minggu (14/4) dini hari WIB. Kemenangan itu mempertah­ankan harapan MU untuk finis di posisi empat besar klasemen Liga Inggris. Tim asuhan Solskjaer merebut kemenangan lewat dua gol penalti Paul Pogba, tiga hari se­belum mereka mencoba untuk membalikkan defisit 0-1 dalam laga penentuan perempat final Liga Champions di Camp Nou.

“Kami beruntung itu bukan Barcelona kali ini,” ujar Solsk­jaer. “Mereka bermain lebih baik dari kami, tetapi kami memiliki salah satu kiper ter­baik di dunia,” sambungnya.

Felipe Anderson, yang to­rehan golnya dianulir karena offside, mencetak gol di awal babak kedua untuk menjad­ikan kedudukan 1-1. Upaya Michail Antonio nyaris dua kali berbuah gol, membentur mistar gawang. Penonton nyaris tak per­caya ketika David de Gea melaku­kan penyelamatan gemilang menghentikan sundulan Antonio beberapa detik sebelum tendan­gan penalti Pogba kedua memas­tikan kemenangan MU 10 menit jelang laga usai.

“Penyelamatan itu tidak bisa dipercaya. Dia memastikan ke­menangan itu. Kami berada di sini dengan tiga poin dan kami mendapat poin. Kami beruntung. Saya tidak bisa menyembunyikan kegembiraan saya,” jelas Solskjaer.

“Mereka bermain lebih baik dari kami, itu adil untuk menga­takannya, saya tidak berpikir ada orang yang akan tidak setuju,” sam­bung pelatih asal Norwegia itu.

Solskjaer membuat lima rotasi dari tim yang kalah di tangan Bar­ca pada hari Rabu pekan lalu. Dia meninggalkan Marcus Rashford, Scott McTominay dan Victor Lin­delof di bangku cadangan, semen­tara Luke Shaw dan Ashley Young diskors.

Dia mengakui jarak antara dua pertandingan sebelum mengha­dapi Barca lagi di Camp Nou pada hari Selasa telah mempengaruhi pemilihan starter timnya.

“Kamu bermain pada hari Rabu, hari ini dan bermain lagi pada hari Selasa, itu menjadi faktor yang sangat mempengaruhi saya. Kami mengistirahatkan beberapa pemain, kami berhasil melaluinya dan kami akan siap untuk hari Se­lasa. Dengan penampilan seperti ini, kami semua tahu bahwa kami akan berjuang di Barcelona, dan kami harus meningkatkan diri,” tandasnya.

Kemenangan mengangkat MU ke urutan kelima, terpaut dua poin dari Chelsea yang berada di urutan keempat.

Solskjaer tidak begitu senang dengan hanya memiliki selang waktu enam hari antara dua laga MU kontra Barcelona. Sementa­ra ada delapan hari yang dimili­ki Manchester City, Tottenham dan Liverpool jelang leg kedua pertandingan perempat final Liga Champions.

“Seseorang perlu menjelas­kan kepada saya mengapa di Liga Champions kami harus bertanding pada hari Selasa, sementara yang lain bertanding pada hari Rabu. Kami mencoba bertanya ke Google tetapi tidak menemukan jawaban apa pun. UEFA harus mengubah itu 100 persen,” ucapnya.

Butuh VAR

Laga Liga Champions memili­ki VAR untuk situasi kontroversial dan manajer West Ham Manuel Pellegrini yakin “The Hammers” akan menang jika teknologi itu membantu wasit Graham Scott pada laga melawan MU.

“Dengan VAR, saya yakin kami akan memenangkan pertandin­gan 1-0. Felipe Anderson berada di sisi onside. Itu bukan penalti un­tuk kesalahan Robert (Snodgrass),” ujarnya.

“Gol terakhir Manchester Unit­ed adalah offside, operan terakhir. Ada beberapa kesalahan tetapi keputusan diambil untuk mengun­tungkan United. Saya tidak menge­luh tentang wasit karena itu bukan kesalahan besar. Itu keputusan sulit, tetapi dengan teknologi kami akan memiliki skor yang berbeda,” sambungnya. ben/AFP/S-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment