“Setan Merah” Bangun Kekuatan ke Champions | Koran Jakarta
Koran Jakarta | April 7 2020
No Comments

“Setan Merah” Bangun Kekuatan ke Champions

“Setan Merah” Bangun Kekuatan ke Champions

Foto : AFP/OLI SCARFF
A   A   A   Pengaturan Font

Kedatangan Ighalo dari Liga Tiongkok awalnya hanya dianggap lelucon, namun akhirnya menuai banyak pujian.

MANCHESTER – Kompetisi masih ditunda akibat merebaknya pandemik Covid-19, namun klub-klub kaya mulai menyusun kekuatan menjelang musim yang akan datang. Salah satunya Manchester United, yang kembali menemukan kepercayaan diri mereka memasuki akhir musim ini.

Posisi terakhir pasukan berjuluk “Setan Merah” itu berada di peringkat lima klasemen sementara dengan nilai 45, hanya selisih tiga poin dari Chelsea yang berada di peringkat empat.

Ole Gunnar Solskjaer optimistis timnya mampu merbut tiket ke Liga Champions dengan berada di empat besar. Selain itu, jika banding Manchester City ditolak terkait hukuman UEFA yang melarang mereka tampil di ajang Eropa, artinya peringkat lima sudah cukup untuk melaju ke Liga Champions. Kondisi tersebut membuat Solskjaer terus membangun tim yang mumpuni.

Salah satunya adalah dengan mempertahankan Odion Ighalo yang kemungkinan akan dipermanenkan United pada musim panas ini. Itu setelah striker asal Nigeria Obafemi Martins di ambang kembali ke Shanghai Shenhua.

Ighalo tampil impresif di MU dengan mencetak empat gol dalam delapan pertandingan sejak bergabung sebagai pemain pinjaman sampai 31 Mei dari kluba Liga Super China tersebut. Martins, yang sebelumnya dikontrak Shenhua dari 2016 sampai akhir musim 2018, dilaporkan oleh Titan Sports sudah tiba di Tiongkok pada Selasa (24/3) dan dimasukkan sebagai pengganti Ighalo menjelang mulainya musim Liga Super Tiongkok.

Liga domestik Tiongkok belum mengawali musim 2020 setelah kick off-nya ditunda akibat wabah virus korona. Namun spekulasi menyebut kompetisi akan dimulai akhir April atau awal Mei.

Transformasi Ighalo di United cukup mengejutkan. Kedatangannya awalnya hanya dianggap lelucon. Pemain asal Nigeria itu datang dari tempat yang sama sekali tidak diduga.

Sejak 2017, dia bermain di Tiongkok yang levelnya jauh di bawah sepakbola Inggris. Ighalo datang dengan status pemain pinjaman. United membayar 4 juta pounds untuk meminjamnya dari Shanghai Shenhua. Ighalo kemudian mendapat banyak pujian. Pemain berusia 30 tahun itu mampu mencetak e m p a t gol meski tidak selalu diturunkan sebagai pemain inti.

Dia kini menjadi penyerang yang bisa diandalkan MU karena bisa bergerak aktif dan mencari celah di dalam kotak penalti. Itu adalah sesuatu yang dibutuhkan MU sejak kepergian Romelu Lukaku.

Pertahankan Pogba Sementara itu United juga optimistis Paul Pogba akan tetap bersama klub ini dan meragukan adanya tawaran dari klub-klub elit Eropa, kata sejumlah sumber kepada ESPN.

Agen Pogba, Mino Raiola, menyatakan dia “ingin membawa pemain hebat ke Real Madrid” yang memicu spekulasi bahwa raksasa Spanyol itu menawar pemain timnas Prancis tersebut. Juventus juga tertarik menarik kembali Pogba namun tidak yakin pada harganya sekalipun pemain berusia 27 tahun itu bersikeras ingin meninggalkan Old Trafford.

Pogba memiliki kontrak sampai Juni 2021 namun United bisa juga mengaktifkan klausul memperpanjang kontrak itu 12 bulan sampai 2022. Real Madrid musim panas lalu dihadang banderol 180 juta pound, tetapi diam-diam United mengakui nilai jual Pogba bakal turun karena semakin dekat ke batas akhir kontrak. Namun Setan Merah masih optimistis harganya di sekitar 100 juta pound.

Masalah ini diperumit oleh kekhawatiran dampak krisis virus korona terhadap keuangan klub dan hak siar televisi ketika liga-liga sedang dihentikan sementara. Pogba berlatih di rumah selama pusat pelatihan MU di Carrington tetap tutup untuk pemain dan staf.  ben/ AFP/S-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment