Koran Jakarta | November 19 2019
No Comments
Infrastruktur Bandara

“Runway” Ketiga Soekarno-Hatta Dioperasionalkan Juli 2019

“Runway” Ketiga Soekarno-Hatta Dioperasionalkan Juli 2019

Foto : ANTARA/BIRO PERS-LAILY RACHEV
TINJAU PROYEK - Presiden Joko Widodo didampingi Mensesneg Pratikno dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin (tengah) meninjau pembangunan landasan pacu (runway) ketiga di Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Jumat (21/6). Pembangunan runway ketiga itu telah mencapai 86 persen dan rencananya bisa dioperasionalkan pada akhir Juli 2019.
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa per­kembangan pembangunan lan­dasan pacu (runway) ketiga Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, sudah mencapai 86 persen. Presiden berharap pada Juli 2019 lan­dasan pacu tersebut sudah bisa di­operasionalkan.

“Kita harapkan akhir bulan ini su­dah 100 persen dan akan langsung dioperasionalkan, mungkin Juli lah,” kata Presiden Jokowi saat meninjau proses pembangunan runway di Ban­dara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (21/6).

Presiden menjelaskan, dengan di­operasionalkan runway tersebut di­harapkan pergerakan pesawat akan bertambah banyak.

“Sekarang, kita memiliki 81 perge­rakan setiap jam. Dengan tambahan runway ketiga, akan menjadi 120 per­gerakan per jam. Tambahannya gede sekali, tambahannya 50 persen,” ucap Presiden.

Menurut Presiden, sudah ada permintaan dari maskapai dari ne­gara-negara lain yang sudah meng­antre. “Banyak sekali, saya sendiri se­ring (diminta) dari Qatar, dari Saudi, dari India, dari Singapura, dari Ma­laysia, dari Jepang, dari Tiongkok, semuanya ingin masuk, cuma penuh slotnya. Nah, sekarang inilah bisa kita berikan tambahan untuk bisa masuk ke Soetta lagi,” tutur Presiden.

Selain kelebihan slot, Presiden menambahkan dengan adanya run­way ketiga, pesawat yang ingin turun di Soetta tidak lagi berputar-putar dulu di atas kurang lebih 30 menit.

“Insya Allah tidak ada. Artinya, de­ngan tambahan kapasitas yang besar ini, ya langsung ketutup,” ujar Presi­den.

Setelah ini, lanjut Presiden, masuk ke tambahan akses kapasitas untuk ke terminal. “Sudah dua tahun lalu saya perintahkan ke dirut dan Pak Menteri untuk menyiapkan lagi pe­rencanaan terminal keempat. Ini su­dah mulai gambar desain sudah, dan kita harapkan pada 2021 Terminal 4 sudah dibangun, dan tiga tahun ram­pung,” jelas Presiden.

Sehingga total semuanya nanti di­harapkan bisa menampung 110 juta penumpang setelah selesainya Ter­minal 4.

“Ini memang pertumbuhan pe­nerbangan cepat sekali. Kalau pem­bangunan runway, taxiway tidak dikejar, pembangunan terminal eng­gak dikejar, ya kita keduluan lagi. Kita tidak mau itu terjadi. Infrastruk­tur harus mendahului pertumbuhan yang ada,” tutup Presiden.

Kehadiran runway ketiga dengan dimensi 3.000 x 60 m2 ini untuk men­dukung peningkatan pergerakan pesa­wat mencapai 120 pergerakan per jam.

Di akhir kunjungannya, para pe­kerja proyek tampak menyanyikan lagu ucapan selamat ulang tahun ke-58 kepada mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Jokowi yang mengena­kan kemeja berwarna putih itu pun menghampiri dan menyalami me­reka. Jokowi mengaku tak pernah me­rayakan ulang tahun. fdl/AR-2

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment