“Pilek Kelamin” Bisa Sebabkan Kemandulan | Koran Jakarta
Koran Jakarta | October 30 2020
No Comments

“Pilek Kelamin” Bisa Sebabkan Kemandulan

“Pilek Kelamin” Bisa Sebabkan Kemandulan
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Gonore (Go) yang pada pengertian awam sering diistilahkan dengan “pilek” pada alat kelamin dapat disembuhkan jika segera diobati. Go yang merupakan salah satu infeksi menular seksual (IMS)  berbahaya ini jika tidak diobati  akan meningkatkan berbagai macam risiko, termasuk kemandulan serta infeksi janin.

“Masyarakat diimbau  tidak  malu berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin,” ujar dr Anthony Handoko  dari Klinik Pramudia, Kamis (6/8).

Menurut Anthony, Go disebabkan  infeksi bakteri infeksi Neisseria Gonorrhoeae dan dapat menular dari orang ke orang. Bakteri ini ditularkan ketika melakukan kontak seksual dengan orang yang terinfeksi. Bahkan, dapat menular dari ibu kepada anak selama proses persalinan.

Menurut data  WHO, pada tahun 2018 terdapat 98 juta kasus baru gonore.  Khusus di Indonesia diperkirakan terdapat sekitar 2 juta kasus baru  setiap tahun. Sedangkan di AS, sebagai IMS ke-2 terbanyak, setelah Chlamydia. “Pilek pada alat kelamin  bila  dibiarkan  akan mengakibatkan berbagai bahaya. Go yang tidak terdiagnosis  dapat menyebabkan komplikasi  ringan hingga berat.

Berdasarkan lokasi anatomis, komplikasi Go dapat terjadi pada genital dan sekitarnya (seperti saluran kemih, panggul, dan kandungan). Sedang di  ekstra genital terjadi di saluran menelan, selaput lendir mata/konjungtiva, dan sendi. Hay/G-1

 

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment