Koran Jakarta | December 17 2017
No Comments
Politik Tiongkok

“People’s Daily” Sebut Xi Pemimpin Terkuat

“People’s Daily” Sebut Xi Pemimpin Terkuat

Foto : REUTERS/Edgar Su
A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING - Surat kabar milik Partai Komunis Tiongkok, People’s Daily, menulis bahwa Presiden Xi Jinping sebagai pemimpin terkuat Tiongkok dalam beberapa dekade belakangan, terutama dalam hal konsolidasi kekuatan.

Kepemimpinan Xi yang selama ini banyak mendapat pujian dunia digambarkan surat kabar itu mampu membawa Tiongkok ke jenjang kesuksesan ekonomi, politik dan diplomatik yang lebih tinggi. Pujian tertulis ini dimuat dalam dua edisi halaman depan People’s Daily pada Selasa (5/12) dan Rabu (6/12).

Dalam pertemuan puncak Partai Komunis Tiongkok Oktober lalu, Xi diminta menjelaskan visinya soal perubahan dan pembaruan Tiongkok. Pidato Xi jelas-jelas menyiratkan keinginan kuat Negara Tirai Bambu untuk menjadi salah satu negara adidaya.

Dibanding pendahulunya, Xi telah meraih lebih banyak capaian dan penghargaan, hingga mendapat julukan “Inti dari Kepemimpinan Partai” yang tertuang dalam piagam partai pada Oktober lalu. Kehormatan seperti itu baru pertama kali diberikan partai itu sejak didirikan oleh Mao Zedong. Foto Xi yang hampir memenuhi halaman depan surat kabar, menunjukkan dirinya disetarakan dengan Mao dan Deng Xiaoping, sejak pertemuan itu digelar.

“Cara, teori, dan budaya yang unik dari Xi Jinping untuk menggabungkan sosialisme dengan karakteristik Tiongkok dalam era yang baru, telah memberi banyak jalan bagi negara dengan penuh percaya diri untuk melampui negara-negara barat dengan teori sentrisnya,” tulis People’s Daily.

“Tanpa pemikiran Xi Jinping soal penyelarasan sosialisme dengan Tiongkok yang baru, kita tidak akan pernah disorot dunia karena berhasil lebih dekat ke puncak dunia,” imbuh surat kabar itu.

Perluas Pengaruh

Dibawah kepemimpinan Xi, kebijakan luar negeri dan militer Tiongkok telah memperluas jangkauan pengaruhnya. Xi selalu menekankan perlunya percaya penuh dengan sistem politik sendiri akan membawa Tiongkok itu menemukan solusi dari berbagai isu global.

Namun keberhasilan itu juga menimbulkan kekhawatiran Tiongkok akan menggunakan pengaruhnya terhadap politik dan ekonomi negara lain.
Saat berpidato dalam forum dialog internal partai di Beijing Jumat lalu, Xi meyakinkan sejumlah tokoh politik luar negeri bahwa Tiongkok tidak akan memaksakan pandangan politiknya dan memberi keleluasaan negara lain untuk berkembang dengan caranya masing-masing.  SB/Rtr/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment