Koran Jakarta | June 25 2017
No Comments
Ketua DKPP Jimly Asshiddiqie tentang Pelaksanaan Pilkada Serentak

“Kami Ingin Tegakkan Integritas, dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu”

“Kami Ingin Tegakkan Integritas, dan Kredibilitas Penyelenggara Pemilu”

Foto : ANTARA/Wahyu Putro A
A   A   A   Pengaturan Font
Penyelenggaraan pilkada serentak telah dilaksanakan di 101 daerah. Dukungan suara satu per satu dari pendukung diberikan kepada kandidat masing-masing. Prediksi sebelumnya, akan muncul sejumlah kerawanan di beberepa daerah.

Karena itu, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) Prof Dr Jimly Asshiddiqie meninjau langsung sejumlah TPS.Koran Jakarta yang mengikuti perjalanan Prof Jimly, mewawancara mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu terkait pelaksanaan pilkada serentak.

Bagaimana Anda melihat suasana Pilkada serentak ini?

Namanya juga pesta demokrasi, otomatis saya juga turut senang. Saya pun hari ini juga memberikan suara saya di TPS 21 dekat kediaman saya di Pondok Labu, Jakarta Selatan. Saya harap berkeyakinan Pilkada serentak ini berlangsung tanpa adanya perselisihan berarti.

Tapi, sebelumnya ada potensi kerawanan, bagaimana antisipasi DKPP?

Terkait keamanan tentu saja Kepolisian Republik Indonesia sudah melakukan pengamanan maksimal terkait dengan TPS-TPS rawan tersebut.

Indonesia menamai pemilu sebagai pesta demokrasi, sehingga pemilu ini akan berjalan normal seperti biasa. Namun, saya mengimbau kepada kandidat calon kepala daerah harus dapat mengontrol massa pendukungnya, karena sering kali kekecewaan masa pendukung itu tiga kali lipat ketimbang rasa kecewa kandidatnya.

Lalu, Apa peran DKPP dalam Pilkada serentak ini?

Sesuai UU No 15 Tahun 2011, DKPP bertugas untuk menjaga dan menegakkan kemandirian, integritas, dan kredibilitas penyelenggara Pemilu.

Dengan dasar tersebut, DKPP ingin turut mendorong terlaksananya rangkaian tahapan pemungutan dan penghitungan suara pilkada berjalan sesuai kode etik penyelenggara Pemilu.

Apa Tujuan DKPP Meninjau Langsung ke sejumlah TPS?

Karena penting artinya pemungutan dan penghitungan suara, maka sekali waktu bagaimana tahapan tersebut dilaksanakan, maka perlu kiranya bila DKPP memantau perkembangan di lapangan. Kami optimistis Pilkada Serentak 2017 ini akan berjalan aman, lancar dan demokratis, serta berintegritas.

Berapa lama Anda menyiapkan koordinasi dalam pilkada ini?

Kami sudah membangun sinergi sejak tahun lalu agar Pilkada serentak ini dapat berlangsung dengan aman tenteram dan saling berkoordinasi antarlembaga terkait guna meminimalisir keluhan terkait Pilkada karena tidak jarang usai adanya pemilihan para simpatisan pendukung selalu datang kepada kami untuk melapor dan berkeluh kesah karena adanya indikasi kecurangan diakibatkan kurang siapnya lembaga kami.

Adakah catatan penting dalam kunjungan Anda kemarin?

Saya melihat sudah cukup kondusif dan panitia penyelenggara di setiap TPS masing-masing sudah terkondisikan dengan baik sehingga pelaksanaan Pilkada pada tahun 2017 ini, khususnya di DKI Jakarta, saya nilai sudah maksimal ditambah lagi hadirnya sanksi dari setiap kandidat yang otomatis membuat demokrasi kita semakin kaya dan terbuka.

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment